Doren Wakerkwa di Lantik Sebagai Pjs Sekda Papua

Administrator Jurnalis · Sabtu, 26 September 2020 07:19 wib
Foto: istimewa

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal melantik Doren Wakerkwa menjadi Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua di Kota Jayapura, Papua, Jumat (25/9/2020). Pada kesempatan itu, Tinal juga mengukuhkan Yan Setiadi sebagai Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP Papua.

Doren Wakerkwa dilantik menjadi Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, menggantikan Ridwan Rumasukun.


"Karena belum ada Sekda defenitif, hari ini kita lantik Doren Wakerkwa sebagai Pjs Sekda Papua, kalo masi lama juga tidak apa-apa, biar Pak Doren Wakerkwa bisa pimpinan sampai Masa priode Lukas Enembe dan Klemen Tinal selesai,"ujar Klemen Tinal.


Terkait belum ditetapkan Sekda defenitif, Klemen Tinal menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Papua konsisten untuk menjalankan secara murni dan konsekuen perintah UUD Negara dengan melakukan sebaik mungkin.


"Karena bersama Pak Gubernur, Lukas Enembe, kami akan konsisten, jika dia (Sekda) terbaik ya sudah kasih saja, walaupun ada pikiran pikiran yang aneh dari orang orang yang aneh,"tuturnya


Sementara itu, Pjs Sekda Papua, Doren Wakerkwa menyampaikan bahwa sesuai keputusan yang disampaikan oleh Wagub Klemen Tinal, langkah awal yang dilakukan adalah gelar rapat Kordinasi dengan sejumlah SKPD dan utamanya membantu Gubernur sebagai kepala daerah Provinsi.


"Selama enam bulan kedepan nanti kami akan melakukan inspeksi mendadak disemua instansi dan Dinas untuk melihat kinerja, kordinasi mereka sejauh mana, dan umum adalah Evaluasi secara total,"bebernya.


Doren Wakerkwa sebelumnya menjabat sebagai Asisten Pemerintahan Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Provinsi Papua. Hasil seleksi calon Sekda Papua menempatkan nama Doren Wakerkwa di peringkat pertama berada di atas nama Wasuok Demianus Siep, dan posisi ketiga terakhir Dance Yulian Flassy.