Jokowi: Pemulihan Ekonomi RI Diramal Tercepat Setelah China

Administrator Jurnalis · Selasa, 28 Juli 2020 10:57 wib

Jakarta - 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa optimistis ekonomi Indonesia akan kembali pulih setelah dihantam wabah virus Corona (COVID-19). Bahkan dia meyakini proyeksi yang menyebutkan ekonomi Indonesia akan mengalami pemulihan yang tercepat seperti Tiongkok.

Jokowi menjelaskan beberapa lembaga keuangan dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2021 kembali tinggi. IMF memperkirakan 5,4%, bank dunia 4,2% dan OECD 2,8-5,2%.

"Saya kira kalau perkiraan ini betul, kita akan berada pada posisi ekonomi yang juga mestinya itu di atas pertumbuhan ekonomi dunia," ujarnya saat membuka ratas virtual, Selasa (28/7/2020).


"Indonesia juga diproyeksikan masuk ke kelompok dengan pemulihan ekonomi tercepat setelah Tiongkok. Ini juga kalau proyeksi ini benar, saya kira patut kita syukuri," ujarnya.Tidak hanya itu, Jokowi juga menyebutkan, Indonesia juga diproyeksikan akan menjadi negara dengan pemulihan ekonomi paling cepat setelah China.

Namun dia mengingatkan kepada para menterinya agar tidak lantas kendur setelah mendengar proyeksi tersebut. Sebab risiko dari gonjang-ganjing ekonomi masih ada.


Selain itu lembaga ekonomi dunia juga masih terus berubah-ubah dalam membuat prediksi. Artinya situasi ketidakpastian masih sangat kental. Jokowi meminta para menterinya untuk berhati-hati dalam membuat indikator makro ekonomi."Kita tetap harus waspada, kemungkinan dan antisipasi kita terhadap resiko terjadinya gelombang kedua, second wave dan masih berlanjutnya ketidakpastian ekonomi global di tahun 2021," tambahnya.