Keseruan Festival Kaibon 2020 Kota Serang

Administrator Jurnalis · Senin, 9 November 2020 13:36 wib



Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olah Raga (Disparpora) Kota Serang dari Bidang Promosi Pariwisata menyelenggarakan kegiatan Festival Kaibon 2020 pada hari Sabtu tanggal 7 November 2020. Acara ini diselenggarakan di Kawasan Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, dengan dibuka oleh Walikota Serang, H. Syafrudin. Acara pembukaan Festival Kaibon 2020 tersebut sekaligus melepas para pesepeda yang akan berkeliling dengan rute start dari Stadion Maulana Yusuf, checkpoint di Keraton Kaibon, lalu kembali lagi ke garis finish di Stadion Maulana Yusuf. 

Acara sepeda santai ini memang merupakan salah satu konten utama dari penyelenggaraan Festival Kaibon 2020. Sehubungan dengan adanya pandemi covid-19, maka jumlah peserta sangat dibatasi sesuai dengan rekomendasi dari Satgas Covid-19. Tentu seluruh rangkaian acara tetap menerapkan protokol kesehatan. Hanya ada satu komunitas sepeda yang terlibat, yaitu Komunitas Gaspool (Gowes Asal Senang). Selain sepeda santai, ada program bantuan sosial dan penghargaan perempuan inspiratif dari setiap kecamatan yang ada di Kota Serang. Festival Kaibon 2020 mengusung tema perempuan karena sesuai sejarah yang terkandung pada Keraton Kaibon yang berasal dari kata ka-ibu-an, yakni tempat tinggal yang diperuntukkan bagi ibunda Sultan Syafiudin yang pernah memerintah di Kesultanan Banten pada tahun 1809-1815.

Kepala Dinas Disparpora, Yoyo Wicahyono, S.Sos, MM berharap bahwa Festival Kaibon dapat masuk ke dalam 100 calendar of event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif karena potensi pariwisata budaya di Kota Serang ini sangat kuat dan unik. Acara ditutup oleh Wakil Walikota Serang, H. Subadri Ushuludin yang mendukung acara Festival Kaibon untuk diadakan setiap tahun agar masyarakat maupun wisatawan lebih mengenali dan menghargai peninggalan sejarah yang ada di Kota Serang. 

Disparpora Kota Serang, Bidang Promosi